2014 Review List

by - 1/12/2015

Ehem eheeeem.. Hiruk pikuk tahun baru memang sudah habis. Postingan video atau foto-foto perayaan tahun baru di sosial mediapun kini sudah tak jadi trending topic. Aku tahu, meskipun aku tidak merayakan tahun baru hehe, tapi setidaknya aku sembari berfikir dan flashback sedikit banyak setahun kemarin. Apa saja yang sudah kamu lakukan? Apa saja targetmu yang sudah berhasil? Apa yang belum berhasil, kenapa?

Erm...sepertinya perlu minta maaf dulu, karena blog ini sekarang isinya kebanyakan curhat daripada artikel inspirasi (what? dari dulu keles) Whoooops, maaf :)) penulisnya memang moody-an.

Karena saya tidak mau mainstream, karena kebanyakan orang sibuk bikin bucketlist, bikin resolusi 2015 yang aduh bikin aku pusing, mending kita sedikit flashback tahun kemarin biar kenangan itu nggak hilang :)). Pepatah pernah berkata bahwa ingatan bisa hilang, namun tulisan itu abadi.
So, here we go..


1. Beasiswa adalah salah satu target tahun 2014
    Yak!!! Setelah menemui lika-liku terjalnya untuk mendapatkan beasiswa di kampus sendiri akhirnya saya dapat yeaaaay. Alhamdulillah wa syukurilah, dengan seleksi yang tidak mudah, urusan berkas yang cukup membuat saya lelah keluar-masuk ke Gedung L 107 :)). Tapi terimakasih Pak Cucu, akhirnya beasiswa saya cair juga setelah menunggu dengan penantian panjang. 

2. Masuk PR
    HAHAHAHA. Ya Allah tidak pernah terfikir sebelumnya, karena masuk D3 Teknik Informatika itu cuma asal-asal aja, ternyata di semester 5 kami diharuskan memilih 2 peminatan : Advance Programming atau Content Developer. Dan setelah dirunut dari semua mata kuliah semester 1-4 saya direkomendasikan untuk masuk PR, meskipun boleh jika berkeinginan untuk memilih CD. Namun karena hati ini tak kuasa bila harus bertemu BLENDER lagi *lambaikan tangan ke kamera* sehingga akhirnya dengan perjuangan galau saya yang cukup panjang, saya memilih kamu...eh PR maksudnya.

3. Mendaki PAPANDAYAN
    Whoa! Tak pernah terbayangkan aku akan pergi jauh 2622 mdpl. Berdiri di tengah alam bebas, berjalan dengan kaki telanjang di rumput yang dingin, tidur di dalam tenda, memandangi edelweis, tidur di bawah mentari pagi di rerumputan yang kering dengan sendirinya. Menghirup udara pegunungan yang membuat saya takjub. Merasakan dinginnya air Papandayan yang dinginnya melebihi air es kulkas kosan. Meminum air langsung dari pancuran tanpa dimasak. Dan lain segalanya. Never Forgotten! Ceritanya bisa ditengok disini.

4. Travelling
    Yap! And this is it... Tahun 2014 itu termasuk tahun yang cukup pusing-stres-kezel yang disebabkan dari berbagai urusan (ada di list dibawah :p). Dan travelling adalah cara sederhana untuk menyederhanakan permasalahan yang ada. Ciaaaaaat

*Pangandaran*
Siapa yang nggak tau objek wisata ini yakan? Yap, ngga perlu banyak cerita deh, semuanya ada disini.

*Dusun Bambu*
Kamu tau, tidak masalah jika tidak punya seseorang yang bisa mengajakmu ke tempat bagus berdua, sesungguhnya kebahagiaan itu amat sederhana. Sesederhana main seharian kita bersama teman-teman yang tak sadar waktu kita bersama hanya 1 semester lagi ya :). Nanti kalo kangen coba baca disini ya :)

*Maja House*



Entah kenapa dari puluhan tempat makan dan nongki-nongki yang dikunjungi tempat ini yang ingin saya review. Beginilah kira-kira suasananya disana. Gambar yang siang saya comot dari instagram hehe ngga papa ya. Soalnya kesananya malem terus. Enak buat diem aja disana. Dari segi makanan enaaaaaaaaak sih yang udah pernah aku coba kecuali pasta >.< mungkin karena tidak begitu menyukai pasta, jadi pasta apapun terasa tidak enak ha ha ha. Hot Coffee Almond nya disini enak :) Daripada resto yang lain disini paling enak. Kursi makannya emang berasa lagi makan dalam studio Blitzmegaplex yang tipe "velvet" gitu, sambil baring-baring cantik makannya. Kalau mau ramean enak juga duduk duduk dibawah soalnya ada lilin apungnya yang cantik, dan jangan salah VIEWnya yang amat....ah amazing. Tau kan seksinya Bandung malam hari?

*Masjidnya Kang Emil
Pada tau kan masjid kee desain dari Kang Emil di Kota Batu Parahyangan? Akhirnya tahun ini berkesempatan kesana Alhamdulillah. Bukan...bukan buat akad kok hehe, cuma jalan jalan aja cari masjid bagus buat.....tarawih wkwkwk.

 
Aaaaak Masjidnya memang unik. Suka. Semoga bisa mengunjungi Rumah Allah lain di Saudi nanti ya Allah, amin.

*Moko*
Pergi pukul 03.30 pagi. Beradu dengan dinginnya Bandung dan tetap berusaha ke atas. Namun sampai sana yang dicari tak mengecewakan. Akhirnya aku berada lebih tinggi dari awan, tanpa harus mendaki :)). Mendaki sih, dikit :p. Rasanya pagi tak mau cepat pergi sebelum susu hangatku habis. Allah menciptakan alam terlalu sempurna. Fabiayyiaala irabbikumaa tukadzdzibaan...



*Dulang*
BERENANG! Yap...itu adalah rencana aku dari awal semester 5, dan terakhir kali berenang pas kelas 3 SMK. OMG lama banget pantesan ngga tinggi tinggi :(. Setiap bikin rencana berenang bareng A, gagal, terus bareng BCDEF juga gagal, and finally akhinya dapet berenang juga di Dulang Resort Bandung. Tempat ini berlokasi di Lembang, tau dong view nya seksinya kaya apa yakan? Tapi tenang, meskipun berada di Bandung atas namun airnya tidak begitu dingin kok. Cukup pas buat berenang. Perjalanan yang ditempuh lumayan jauh, tapi terbayar dengan apa yang di dapatkan kok. Saran aja kalo kalian laper dan cuaca cerah mending makan diluar aja jangan di restonya, disana cukup buat berenang aja, tapi kalau terjebak hujan ya sekalian aja cicipi masakannya yang ada, tapi harus lapang dada :p. 

  


 

 Maaf ya kalo sedikit narsis :D (Padahal udah bukan sedikit lagi, tapi banyak ya :D)

5. Ngebantu Lab
Hmmm... dari awal masuk semester 5 memang aku udah sibukkin diri di lab. Lab kami yang semula berada di Gedung F Fakultas Teknik (dulu namanya ITT) pindah ke Fakultas Terapan (politeknik telkom aka kampus sebelah) Perpindahan inilah yang bikin sedikit ribet. Aku memang bukan aslab dari lab kami, tapi akhirnya aku bantuin mulai dari rekruitasi, wawancara, sampai diterimanya asisten yang ada untuk semester ganjil di tahun 2014 ini. Senang rasanya. Apa mungkin karena ada.....ah sudahlah~



Sebenernya banyak sekali yang harus ditulis kalo masalah people, cuma di tahun 2014 lalu orang-orang ini yang amat berpengaruh:
1. Bhagas
Orang ini apa ya...nasihatnya yang selalu aku dengarkan. Kadang galau sendiri dan aku nasihati balik, tapi seringnya aku yang dinasihati sih hahaha. Kalo mau cerita sama dia tinggal minta ngobrol sore-sore berdua saja di kantin kampus yang pemandangannya danau. Ugh, dijamin cerita rasanya makin plong~

2. Jea
AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA. My the one and only Jea, gadis Bali yang baik hati walaupun harus punya sabar yang banyak untuk menghadapinya. Tapi tahun ini memang cuma dia yang setia mendengarkan keluh kesahku, sejauh apapun jarak diantara kami. 

3. Eka
Temen baru kenal di 2014, tadinya sama sekali ga kenal, siapa sih lo? Yap, kenal dulu cuma cukup tau aja temen kelas sebelah yang jarang ketemu juga. Terus dia cuti semester 3 dan menghilang dari peredaran kampus. Datang di semester 5 dan dia jadi teman baru aku yeay! Tapi entah kenapa rasanya aku sedikit sakit menuliskan ini semua, udahan aja ya nulisnya. 
Ermmm...Disini memang tidak ada air mata, namun kesedihanku sedang kau baca.

4. Em
Yap...ini salah satu mario teguh yang berumur masih belia juga. Dewasaaaaaa luar biasa. Biasanya kalo PM rada stress dikit dia langsung tanya dan langsung ceramah deh, terus adem~ ngga jadi panik.

5. Mba Ifa
Perkenalan kita terjadi sedikit berbeda. Tak kenal sama sekali, janjian untuk i'tikaf bersama di Salman ITB, aku tak pernah ngobrol sebelumnya, hanya saja pernah menyapa sekali di Kajumpa kala itu. Pertama bertemu beliau juga rasanya awkward luar biasa, hihi, tapi setelah kenal, subhanallah aku mengidolakannya :). Semoga kamu mendapatkan seseorang yang jauh lebih baik dan lebih pantas untukmu, percayalah bahwa karena Allah sayang padamu, makanya ditunjukkan jalan yang benar. Ana uhibbuki fillah, ukhti.




1. Dibalik cerita Untitled part 1-10
Hehehe, ceritanya panjaaaaaaaaang sekali. Sepanjang Bandung-Majenang deh :p, eh sepanjang jarak hari ini ke masa depan, panjang kan? Nah kalau mau tau ceritanya silahkan cari saja di indeks blog ini cari aja yang ada di bulan April 2014, inget bacanya dari part1 dulu ya biar seru!

2. Pindah POLTEK
And this is it, one of the not-so-great-things that happened in 2014. Yeah, PINDAH POLTEK!
Akibat kampus kami dari STT Telkom berubah jadi IT Telkom, kemudian sekarang berubah lagi jadi Telkom University, yeah, akhirnya kami mahasiswa D3 yang dikorbankan. Awalnya kami adalah 4 kampus seinduk tapi berbeda. Dan karena perubahan itu kampus ini mahasiswa D3 disatukan di Politeknik Telkom (dulu, sekarang namanya Fakultas Ilmu Terapan).
Ngga masalah sih mau pindah kemana, selama pindah itu menjadikan kami lebih baik, membuat kami lebih dapat berkarya, membuat kami lebih produktif, dan fasilitas yang lebih baik. 
Namun selama satu semester yang sudah kami jalani ya rasanya sedih-sedih sendu tapi tak dapat berbuat apa-apa. Fasilitas labnya sangat.....ah sedih :(((. Jadi kangen Gedung F kan :(((.
Kesedihan aku ngga bisa aku ungkapkan dengan kata-kata disini, main aja deh ke lab anak D3 IF persis depan lobi FIT ya. Nanti aku ceritakan semua :')

3. Serangan Ask.fm
Whoa dan ini juga hal tidak enak yang ada di tahun 2014. Cerita dikit ya, dulu main ask.fm itu pas sepi-sepinya, sampe aku, agnes, yaya, jea suka nanya satu sama lain biar ada kerjaan karena memang sosmednya begitu sepi. Tapi sekarang udah rame dan isinya....ah orang-orang malesin jadi aku juga udah rada males sih sebenernya jadi jawab kalo ada yang tanya dan lg inmood aja hehhe.

Well, aturan main askfm : BOLEH TANYA APA AJA. Yap, itu adalah batu loncatan bagi orang yang kadang suka nyolot di askfm, "Ya namanya juga ask.fm, ya bebas dong gw tanya apa aja, kalo ngga mau ditanya ya jangan main askfm, main pasir aja"
Whoa....gayanya udah selangit aja yang tanya ya, jadi geli :)))

Emang boleh tanya apa aja, so aku juga BOLEH JAWAB APA AJA dong yakaaaaaaan.
So, intinya harusnya saling menghormati aja sih, bukan saling menjatuhkan.
Ada yang bilang saya orangnya tidak mau di kritik, diberi saran. Whoaaaa, salah besar :p. Saya suka tapi dengan cara yang saya suka juga, bukan dengan bertanya tapi di askfm ya, kenapa? Anda memberi saya kritikan untuk 1 kesalahan saya, tapi anda juga sekaligus mencoreng kebaikan yang pernah saya perbuat di mata pembaca. Kamu nasehatin saya tapi bikin orang lain jadi baca semua kesalahan saya dong. 

Inget kan pesan Imam Syafi'i, nasehatilah aku di kala kita hanya berdua, dan jangan meluruskanku di tengah ramai, sebab nasehat di depan banyak manusia terasa bagai hinaan yang membuat hatiku luka. 

Nah, udah paham kan sekarang? Kenapa aku tidak mau bales ask-ask kurang sopan di askfm? Kalo kamu belum bisa menggunakan askfm dengan bijak, maka setidaknya jangan menyakiti orang lain okay? Inget, Allah always watching us ^^
So, kalo ada yang mau ngasih tau saran atau kritik bisa PM aja ya insya Allah saya nggak nggigit :p. Kalo emang ga berani dan maunya anon, kasih surat aja malah saya senang nanti ditempel di kamar deh kalo tulisan tangan :))

Erm...terus yang suka bilang elis ga mau bales ask karena takut fans saya kabur, anda salah besar :p. Fans saya nggak akan kabur hanya karena ask ga jelas apalagi dari orang ngga jelas haha. Ngga deng, canda, saya belum punya fans atau penggemar, karena bagi saya nanti kaya di film The Fault in Our Stars, "kamu hanya butuh satu penggemar selama hidup", dan sampai saat ini belum nemu penggemar yang bener-bener sih hihihi. So, kalo ngomong mending minum dulu yah, sambil ngaca kira-kira udah bener belum :))

Tapi seneng aja kok aku punya penggemar hahaha, sesungguhnya pengemar dan haters itu sama saja, hanya mereka punya cara menyampaikan yang berbeda :), So thanks dan inget, Love me or hate me, both are in my favor. If you love me, I'll always be in your heart. If you hate me, I'll always be in your mind.




Well, sejauh ini nggak akan cukup kalo dikasih 3 list aja, tapi ini aja deh yang paling berasa:
1. Sabar
Waw banget alhamdulillah, Allah memaksa aku untuk belajar sabar di sepanjang tahun 2014. Ya Allah, semoga makin sabar, karena Allah bersama orang-orang yang sabar. Belum bisa sabar sih, kadang masih emosi juga, tapi...ya belajar sabar itu bukan hanya bisa sekali bukan? tapi selamanya.

2. Jangan gampang percaya sama laki-laki
Hahaha, lucu juga tahun 2014 membuat aku memiliki beberapa pemikiran. Ini punyaku, kalau kamu ngga setuju itu urusanmu :p
Laki-laki yang luarnya terlihat baik, belum tentu dalemnya baik.
Laki-laki yang agamanya baik, akan memperlakukan orang lain dengan baik, kalau belum bisa memperlakukan orang lain dengan baik berarti agamanya belum baik.
Jangan gampang percaya, mending dibilang keras kepala daripada nanti sakit dibelakang.
Jangan seneng kalo di chat laki-laki, soalnya dia chat yang lain juga :))
Jangan seneng kalo dia baikin kamu, karena kita gatau pas dia jauh dia disana sama siapa padahal udah pingin percaya ah bye :(
Jangan gampang percaya laki-laki bilang A, padahal bisa aja sebenernya Z :(
Cinta yang aman cuma cintanya Bapak-Kurniawan Gunadi
3. Tegakin prinsip
Yap, ini hal ter-sulit yang harus dipelajari setahun kebelakang, serius. Why?
Prinsip pake jilbab, alhamdulillah tidak sekalipun mahkota ini terlepas dari tempatnya.
Belajar syar'i, walau belum syar'i syar'i banget, tapi setidaknya sesuai alquran yaitu, menutup dada.
Pake rok, huaaaaaaaaa sulit awalnya tapi alhamdulillah terjaga, semoga semakin terjaga amin. Ataupun kalo bukan rok setidaknya celana panjang yang tidak ketat. 
Pake kaos kaki, huaaaah masih tahap belajar :3 Tapi kalo di kampus insya Allah tidak akan mendapati aku tanpa kaus kaki kok, hehe, depend on condition :3
Jaga hati, oh Allah aku ingin sekali melakukan ini.
Siapapun kamu, bantu aku mewujudkan ini semua ya :')



Finally, its an awesome 2014, thank you! Allah, terimakasih untuk semuanya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada Mu’adz, “Demi Allah, aku benar-benar mencintaimu. Maka janganlah kamu lupa untuk membaca doa di setiap akhir shalat: ‘Allahumma a’innii ‘ala dzikrika wa syukrika, wa husni ‘ibaadatik.’ (Ya Allah, bantulah aku untuk mengingat-Mu dan bersyukur kepada-Mu, serta agar bisa beribadah dengan baik kepada-Mu).” (HR. An Nasa’i [1303]  dan Ahmad [21614]  Sahih Sunan Abu Dawud. )

You May Also Like

0 comments