Sarjana Rumah Tangga

by - 4/16/2015

"ibumu sarjana apa?"

Terkadang jika orang lain bertanya, tidak ada rasa sedih dalam diri ini. Aku menjawabnya dengan lantang "Ibuku sarjana rumah tangga". Meskipun ia bukanlah seorang ibu S2, yang punya pekerjaan mapan dengan jam kerja pagi hari sambil membawa map, cantik, rapi, serta duduk manis di kursi mobilnya. Ia adalah sarjana rumah tangga, bahkan untuk menempuhnya tak hanya dapat hanya dengan 4 ditamah dengan 2 tahun lagi. Seumur hidupnya. Terhitung dari tanggal ia menikah, sampai maut yang mencukupkannya.Tak terbayang bukan, jika menjadi seorang ibu rumah tangga itu butuh kuliah dulu, aku tak tahu berapa lama yang harus ditempuh. Pastilah sangat panjang dan tidak terpikirkan.

1. Seorang ibu rumah tangga harus kuliah Akuntansi, supaya bisa mengurus pendapatan keluarga dan mengolahnya sedemikian rupa untuk kebutuhan, serta harus memikirkan tabungan ke depannya, dan memikirkan aspek pemasukan dan pengeluaran yang harus seimbang.

2. Seorang ibu rumah tangga harus kuliah Tata Boga, chef, atau perhotelan. Jurusan kuliah dimana harus belajar masak. Harus bisa membuat sarapan untuk keluarga dan membuat kreasi supaya tidak bosan, karena masakannya akan dimakan dalam waktu yang belum ditentukan.

3. Seorang ibu rumah tangga harus kuliah jurusan Ilmu Gizi, supaya dalam memasak ia dapat menentukan berapa gizi yang baik dan seimbang yang seharusnya ia hidangkan untuk keluarganya karena makanan dan baik dan gizi yang cukup akan mempengaruhi tumbuh kembang anak. Tidak boleh selalu daging, perlu asupan buah yang juga harus di siapkan dirumah untuk keluarganya.


4. Seorang ibu rumah tangga harus kuliah Pendidikan atau Keguruan. Dan inipun banyak macamnya. Ia harus menguasai ilmu-ilmu eksak, minimal dibagian dasar, karena ia harus mengajari anaknya ketika anaknya menemui kesulitan dengan PRnya di rumah.

5. Seorang ibu rumah tangga harus kuliah Agama, karena sepanjang hidupnya, untuk pertama kali ia yang akan mengenalkan sang anak pada penciptanya, pertama kali pada saat mengandung. Ia harus bisa membujuk anaknya untuk shalat pertama kali, membelikan alat shalat kecil, dan membawanya ke masjid.

6. Seorang ibu rumah tangga harus kuliah Hukum, ia harus bisa membuat aturan di dalam keluarganya, memperkenalkan, mengajari, dan mengamalkan hukum yang ada. Belajar untuk menjadi warga yang disiplin dan taat hukum. Bahkan di dalam keluargapun, aturan yang jelas itu perlu :).

7. Seorang ibu rumah tangga harus kuliah Farmasi. Karena setiap kali anaknya sakit ia harus bisa menentukan obat apa yang ada di kotak obatnya yang dapat menyembuhkan anaknya. Ia harus menyetok obat-obatan yang biasanya manjur digunakan ketika darurat.

8. Seorang ibu rumah tangga harus kuliah Keperawatan, karena beliaulah satu-satunya yang akan pertama kali merawat buah cintanya ketika terbaring sakit. Yang akan menyeka tubuhnya ketika mandi tidak diperbolehkan, yang akan mengganti kompres beberapa jam sekali, atau mencek suhu badan sang anak ketika sakit. Seorang ibu rumah tangga adalah perawat yang handal luar biasa.

9. Seorang ibu rumah tangga harus kuliah Kesehatan, karena ia harus menjaga kesehatan keluarganya, dari asupan makanan, kebersihan, sampai melindungi anggota keluarga dr ancaman gigitan nyamuk.

10. Seorang ibu rumah tangga harus kuliah Psikologi. Karena ia harus bisa menebak apa yang anaknya mau, apa yang anaknya rasakan, apa yang harus diperbuatnya ketika anaknya remaja, bagaimana cara berkomunikasi dengan anak remaja, dan harus bisa jadi teman curhat terbaik anak.

11. Seorang ibu rumah tangga harus kuliah Sastra Bahasa Indonesia. Ia harus bisa mendidik anaknya untuk berbicara dengan baik dan benar, ramah dan sopan, serta harus bisa menempatkan kapan ia harus bicara dengan bahasa yang baku dan bahasa sehari-hari dengan teman sepermainannya.



Sebenarnya masih banyak sekali yang harus dipelajari untuk menjadi ibu rumah tangga yang baik, sama sekali bukan hal yang mudah, aku tau. Pagi buta harus jadi orang yang pertama kali bangun, dan jadi orang yang terakhir kali tidur. Iyalah susah, orang hadiahnya surga, kalo gampang mah paling hadiahnya kipas angin :p he he he. 


You May Also Like

4 comments

  1. Kak eyis yang baru mana kok belon di launching hehee 😛

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh maaf irra, postingan yang udah siap publish itu... aku delete :(
      setelah melalui beberapa pertimbangan karena nggak mau bawa-bawa masa lalu lagi hahaha
      jadi maaf huhuhu terus kemarin lagi rada sibuk :P #eaaak jadi blog terbengkalai wkwkwk

      Delete
  2. Kak eyiis minta id linenya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. add ya irra di line: elistianas hehe
      maaf lama banget baru buka blog lagi nih hehe.

      Delete