Beruntungnya Orang bisa Baca

by - 5/28/2013

Kenalkan, namanya Siti Robingah. Umurnya sekitar 60-70 tahun, aku nggak ngerti persisnya. Dan beliau adalah mbah utiku. Mbah utiku satu-satunya sekarang. Dan aku mencintainya.
Memang sih, semua nenek-nenek itu bawel, kadang aku juga sebal mendengarkan ocehannya, dan kadang aku memilih dia daripada aku harus menjawab pertanyaannya yang tiada batas berentinya.
Tapi ada yang aku salut dari beliau. Gigih. Ya beliau orang yang sangat gigih. Dari muda, sampai umurnya saat ini beliau masih bekerja.Masih gigih njemurin cengkeh, masih gigih jadi pedagang. Masih ingin memberi uang kepada cucunya, membantu anak-anaknya yang kesulitan, dan tidak pernah mau meminta apa-apa dari anak-anaknya.

Hal yang selalu aku ingat adalah saat tidur dengannya ketika aku pulang dan ketika beliau ada dirumahku, padahal aku sering pura-pura sudah tertidur agar tidak diajak cerita hihi aku nakal.
Dan disisa hidupnya kini yang dilakukannya adalah belajar ngaji dengan benar. Beliau hidup di jaman perang. Jaman Islam masih sangat sulit. Aku tak salahkan, aku tak salahkan kenapa eyang uti tidak belajar tajwid dulu ketika belajar Alquran dulu. Aku tak salahkan mbah uti yang selalu saja lupa membedakan dimana "jelas" dan dimana harus "dengung", mana yang idzhar dan mana yang ikhfa. Tapi tetep aja beliau itu gigihnya minta ampun kalo udah belajar, ngga pernah ada capeknya.

Ya, aku tak salahkan, dan aku berkata saat itu "Mbah ngangge Alquran sing wonten artine mawon, ben saget diamalaken, mbah uti saget moco kan?" dan jawabannya adalah " Ya ora, mbah ya ora bisa maca, bisa maca arabe tok". Ceesssss hati gue.
Subhanallah aku baru tau mbah uti nggak bisa baca, dan dia hanya bisa baca arab aja, tapi aku juga kagum atas kegigihannya, kadang ingin sekali aku bacakan arti-arti dari setiap ayat yang beliau baca. Aku ingin sekali.

 "Mbah pingin ke Palembang lagi, ketemu ibunya mbah." 
Degggg "Elis masih punya uyut?" hati aku bertanya-tanya.
"Masih lah di Palembang kan masih ada ibunya mbah uti", sambung mama.
dan hati akuuuu, rasanya kalo aku nggak kuliah udah aku aja yang terbang nemenin mbah uti ke Palembang sana (gaya banget sok pahlawan gue haha). Ah mbah uti, rewel, cerewet tapi aku selalu kangen, selalu kangen cium pipi mbah uti hihi. Kangen nganterin sayur terus ngeliatin mbah uti sarapan di toko mbah uti. Ngga papa lah, seneng sekarang liat mbah uti udah nggak di toko lagi, udah nggak capek kan ngangkat-ngangkat jemuran cengkeh lagi, nggak harus ngupasin kacang tanah lagi. Nggak harus ngaji di depan toko lagi. Udah kaya gini aja terus ah ya.
Nanti kalo elis dirumah janji deh ngaji sama elis terus :)

Dan disini aku merasa sangat beruntung, bisa baca, bisa baca arab juga, tapi kadang masih saja malas itu ada, dan aku selalu inget pesen mbah uti aku "Baca Alquran tiap hari, bacalah walau satu ayat lis".

Hehe walaupun mbah uti nggak akan baca postingan aku (ini sih jelas), tapi mungkin orang yang baca setidaknya akan ingat dengan neneknya yang jauh disana. ^.^

You May Also Like

0 comments