cout << "cerita asprak";

by - 3/30/2014

Di mulai dalam ketikutsertaanku untuk mendaftar menjadi salah satu Asisten IMAPL (Implementasi Algoritma dan Aplikasi) di semester 3 kemarin menjadikan kami ada. Menjadikan aku kenal mereka. Kakak-kakak istimewa dan rekan kerja luar biasa. Aku belajar banyak hal padanya. Aku belajar untuk mengajar, membantu memecahkan masalah orang lain, aku belajar menegemen waktuku sendiri dan aku belajar memahami algoritma seseorang. Memahami algoritma orang itu bukan perkara mudah lho. Algoritma adalah ilmu pikir seseorang yang pasti akan berbeda antara satu individu dengan individu lainnya. Dan tugas asisten IMAPL disini adalah membantu mereka yang tersesat dalam algorima mereka sendiri.

Disini ada sesepuh asisten kecuali 3 orang D3 IF 2012 yaitu aku, Haris, dan Nena. Sesepuhnya ada Kak Nanda Widi, Kak Nanda Wisnu, Kak Adi, Kak Akip, Kak Doni, Kak Rifqi. Mereka cowok semua dan ceweknya emang cuma aku sama Nena. Bersyukur men, kalo Nena nggak ada aku sendirian dong ya. Dan emang jadwal jaga aku selalu tanpa Nena.

Kaka-kaka sesepuhkku disini orangnya baik semua. Care semua dan nggak ada yang nyebelin. Dari mulai Ngebimbing gimana upload soal dan ngisi nilai di web. Mereka welcome sama anak baru. Dulu diajarin ngaplot soal pertama sama Ka Nanda Wisnu aku masih inget.

Praktikum yang berjalan sesuai dengan harapan. Ya walau hidup tak semulus paha Cherrybelle yakan, pasti ada suka dukanya. Nah! Sukanya tuh aku banyak banget disini. Jadi asisten dapet pahala. Kenapa? Mencari ilmu kan, "Barangsiapa dalam jalan mencari ilmu maka akan dimudahkan jalannya ke surga", tuh kan. Kedua tuh membantu orang lain. Ngebantu adik-adik yang masih awam soal lab, soal praktikum, ngebantu memecahkan algoritma mereka, kuli ngeberin error, dan ngebantu dosen juga.

Jadi asisten tuh juga ikut belajar. Ikut dalam kegiatan praktikum jadi aku bisa praktikum sendiri sebenernya. Merhatiin dosen ngajar dan aku bisa review dari matakuliah aku sebelumnya agar tidak termakan jaman dan kemalasan untuk review wekekeke.

Jadi asisten tuh juga belajar managemen waktu. Dimana waktu kita bakal lebih banyak kepake buat dilab. Buat responsi tubes, buat ngejawabin chat praktikan yang tanya TP, buat ngeluangin waktu sampe malem ngerekapin nilai praktikan, buat sabar nerima tagihan minta nilai praktikan diinputin juga. 

Jadi asisten tuh banyak kenalan. Banyak kenalan dari asisten-asisten yang lain kan, pas makrab apalagi jadi tambah temennya. Tambah pengalaman lagi.

Jadi asisten tuh bebas pake fasilitas lab kapan aja, nginep dilab? Pernah, tinggal kodein aja aslabnya, plus dapet kasur lagi dari kaka aslab :D Aduh kenangan ini jangan sampe keulangin deh cape banget gila dilab lebih dari 24 jam tuh :(.

Jadi asisten tuh dapet duit lah jelas. Ya bisa buat jajan lah. Pokoknya jadi ga sayang aja kalo mau beli apa-apa tuh duit sendiri dan nanti dapet lagi haha. Ngga mau kan jadi mahasiswa yang bisanya ngabisin duit orangtua doang :'). Kerasa banget rasanya beliin hal kecil buat mama dari uang hasil sendiri loh #curhat. Niatnya sih mau ditabung buat beli batere laptop nih yang udah bocor, namun apalah daya perempuan, yang lain jauh lebih menarik.. #ngek. Sama kemaren udah nyimpen gaji dua bulan rencana banget buat beli batere laptop tapi apalah daya sakit menyerang. Dan aku menghabiskannya untuk biaya rumah sakitku sendiri. Aku nggak mau pake uang papa mama:(. Yaudah, batere laptop postpone dulu, toh masih bisa pake listrik~ Bersyukur aja...

Jadi asisten tuh famous. Uh ini sih jelas men. Meski sebenarnya ini jelas bukan tujuan utama, tapi jadi asisten mau nggak mau namamu pasti dikenal banyak orang, adik-adik praktikan pasti :p. Ya barangkali ada yang jodoh~ eh. Dimana-mana pasti disenyumin "Kak.." terus ada orang senyum. Jadi rajin senyum lah kan bagus buat kesehatan.

Jadi asisten tuh bisa jadi pengawas ujian. Lagi-lagi money hunter. Kalo kamu jadi asisten tuh bisa ngedaftar jadi pengawas ujian pas UTS/UAS jadi bisa lagi-lagi dapet duit dan kenalan baru. Bisa aja dipasangin seruangan sama cowok ganteng nan alim dan ngejaga sambil tilawah. Terus juga lumayan kece dan ramah pula. Uh, 2 jam dapet double rezeki~

Jadi asisten tuh lebih kenal sama dosen. Terutama sama dosen praktikum yang kita ampu. Jadi sering ngobrol sama beliau, sharing, atau kalo dijalan jadi senyum dan nyapa kan. Lagi-lagi banyak kenalan~

Jadi asisten tuh dinilai. Aku suka bagian dari akhir semester dari praktikum. Dimana setiap praktikan wajib memberikan feedback terhadap praktikum, dosen, dan asisten. Banyak yang bilang ka elis cantik haha. Ini cuma mau nyenengin elis doang kan?:') Alhamdulillah ngga ada yang bilang galak haha #jujurLoh. Makasih ya, jadi bahan instrospeksi kok :)

Masih banyak manfaat jadi asisten yang mungkin belum terkuak disini. Tak ada hal sia-sia. Segala waktu yang sudah didedikasikan untuk acara praktikum, demi mencerdaskan bangsa. Terimakasih para asisten yang telah bersedia meluangkan waktu dalam hidupnya, yang sudah mau menyampingkan keperluan kuliahnya demi sedikit membantu memperbaiki pendidikan di kampus ini. Segala peluh dan keluhpun pasti berbayar. Pahala. Bayaran paling tinggi yang kita minta dari-Nya, Yang Maha Cinta. Tentu saja dibalut dengan ikhlas di tepi hati kita.

Mungkin tahun depan udah nggak akan ketemu orang-orang ini lagi. Makasih ya semuanya :). Sukses, nanti kalau kita udah tua, mungkin bakal senyum liat postingan foto-foto ini. Experiences is not a big thing, but a million little thing.


include <iostream>
int main(){
       cout<<"Asprak IMAPL kece tanpa Ka Akip dan Ka Rifqy T.T"<<endl;
       getch();
       return 0;
}

You May Also Like

0 comments