We need others

by - 8/30/2013

Apakah ada yang ingat motto Socrates? "Kenalilah dirimu sendiri", kata Socrates. "Pahami dirimu sendiri", kata Aristoteles. Nah kan, dari jalan kelenteng jaman dulu juga sudah dikatakan bagi kita untuk mengenali diri kita sendiri. Tapi emang gampang? Enggak! Susah. Apalagi kalau kita sudah merasa jadi orang baik. Ini nih yang susah.

Pagi ini ketika mentari menyelinap masuk ke dunia, ketika hari ini aku tekatkan untuk belajar satu salah satu sifat istriable, yaitu ngebabu. Ketika ku singkirkan semua barangku, ku bersihkan dan ku tata kembali, I found this.

Ini adalah kertas penilaian buatan Kak Lia agar kami bisa menilai satu sama lain.


Semua itu tulisan orang-orang ini nih


green nahl
Hihi, aku sayang sama mereka. Ngebaca ulang tulisanya ngebuat aku mikir, mungkin gini nih tulisanya:

- Elis dewasa, baik, suka bercanda yang ngasal, kata-katanya jangan alay :D
 Oh God, ternyata gue alay :(, tapi bukanya orang alay dan enggak di mata Allah sama aja kan :p *benerin kerah*

-Elis itu lucu imut deh, lebih sering membantu teman-teman lagi aja hihi :) jangan jutek yah
Gue yakin ini kalimat pertama isinya boong kan? :') makasih yah udah mau boong buat nyenengin gue. Nah ini nih, udah mulai kan ada kata "jutek"nya, oh God why apa salah gue :(, oke gue gak jutek lagi deh :p bantuin gue makanya nyapa dong :)

-Elis appa ya...
 Baik sih tapi kadang-kadang pasang muka serem bikin takut kalo mau nanya-nanya piss tetep tersenyum semangat!!!
Oh this! muke serem itu yang kaya gimana yak? sereman mana sama setan? hehehe, maaf yah kalo kadang serem mukanya, mungkin lagi unmood aja sih, maaf yah, insya Allah nanti pelan-pelan mukanya jadi bersinar kok nggak serem lagi hehe

-Elis blak-blakan, itu baik untuk membuat seseorang merubah dirinya menjadi lebih baik, tapi ada waktunya kita harus jujur yang sakit(blak-blakan) karena ngga setiap orang...
Nah ini gue rada bingung juga sih maksudnya gimana hehe, atau emang processor otak dan tata bahasa gue aja yang rada pea ngga ngerti hehe. Mungkin gue pernah nyakitin hatinya dengan sikap keblak-blakan gue kali ya, aduh maaf yah :'( Mungkin ini salah satu kelemahan gue, sorry banget buat yang nulis ini :(

-Awalnya, sebelum mengenal elis seperti agak sinis. Namun, sekarang setelah mengenal elis ternyata elis orangnya mengasyikkan bisa bergabung dengan teman-teman yang lain.
Huehehe, ini penilaian positif banget yak hihi. Makasih yah, maaf kalo awal-awal suka rada sinis, udah banyak kok yang bilang ke aku soal beginian T.T ngga ngerti juga, mungkin pribadi gue yang kadang nggak begitu deket sama orang baru, tapi kalo hati udah klop pasti langsung enak kok jadi nggak sinis lagi mudah-mudahan hehe.
 
 -Elis baik, pedulian, tapi kalo ketemu temen di jalan suka lupa sama yang barengan sama dia hehehe, overall elis temen yang baik dan setia kawan.
Kayanya tau deh ini tulisan siapa haha, makasih ya, iya sori banget, emang udah banyak yang bilang gitu, suka nggak konsen di jalan :( kalo aku lupa ingetin aja panggil lagi atau tabok aja :)

-Pertama kenal elis dia jutek banget dan suka nyolot. Tapi ternyata elis baik kok. Sering ingetin aku buat solat :)
Selalu bantu teman yang kesusahan ya. Pasti Allah akan membalas lebih.
Hehe, ini ketebak juga tulisanya siapa haha. Hehe maap yak, iya emang rada jutek sih kalo awal ketemu hehe, mungkin masih jaim hehe, suka nyolot juga ya maap :( mungkin karena sikap gue yang keukeh mempertahankan pendapat, jadi lebih dinilai nyolot maap yak, insya Allah nggak gitu lagi kalo masih gitu tegur aja, tabok juga gapapa :)

-Pertama, udah kenal lama, tapi baru deket sekarang. Kritiknya apa ya, lebih bisa atur emosi lagi aja, lebih hemat, jangan cepet putus asa, dan jangan sering ngeluh :) ♥ u mba eyis.
Ini sih udah ketebak banget siapa yang nulis -.- hehe. Iya ya :(, iya ini lagi coba belajar pengendalian diri kok, masih sering emosi ya maaf :(. Lebih hemat? What? Ini susah, susah, susah. Ya ya deh, nyoba hemat kaya emba :(. Jangan cepet putus asa dan jangan sering ngeluh sedang dalam proses penghilangan kok mba mudah-mudahan hehehe. ♥ u too emba lani.

-Elis baik tapi kalau ngajarin jangan suka emosi aku jadi takut maaf ya kalo aku sering ngerepotin elis :)
Rasa bersalah selalu muncul ketika aku membaca tulisan ini berkali-kali, saat ku tulis pun rasanya tak kuasa jari ini. Rasa bersalah yang sudah memupuk. Maaf, maaf, maaf :(. Kamu nggak ngerepotin kok maaf, cuma mungkin kesalahanku di awal untuk tidak begitu respect sama kamu. Maaf, mau maafin gak? Aku janji gak akan gitu lagi sama kamu, aku janji gak akan sampe emosi emosi sama kamu. Kadang aku cuma rada gemes sama kamu. Udah sih, bukan benci, enggak suer, cuma gemes. Maafin aku ya. Maaf :(. Kalo aku jahat lagi sama kamu bilang aja sama aku atau sama temen yang lebih deket sama aku suruh bilangin aku ya. Aku tau udah dosa banget sama kamu. Kadang sulit untuk ngontrol emosi sama orang yang tidak begitu kita sukai kan? Maaf :( Aku sayang sama kamu kok :). Besok dikelas kalo aku masih gitu sama kamu tabok aja ya, aku nggak akan marah...




Ini yang bikin mikir, bahwa penilaian orang itu berbeda-beda. Berbuat baiklah selalu, karena penilaian orang lain itu akan berubah-ubah sesuai perbuatan kita kan? Dan satu lagi elis, kalo kamu nggak suka sama orang jangan gitu sama orangnya, toh dia juga nggak jahat sama kamu kan? Nanti jadinya malah nyesel gini kan :(. Ini emang kesalahan yang udah terjadi, mau gimana lagi? Yang bisa dilakukan adalah berusaha agar kesalahan seperti itu tidak akan terjadi lagi. Dan satu lagi, sering senyum yak, kalo nggak sampe kapanpun kamu dinilai jutek terus...


and the last, Kita butuh orang lain untuk menilai diri kita sendiri.

You May Also Like

0 comments